Rabu, 17 November 2010

Cara mengatasi parts "Mekki"

Sumber: Majalah Hobby Japan Oktober 2010
Tutorial ini langsung diterjemahkan dari bahasa Jepang. Kata-kata asing seperti "Mekki","Undergate","Gate, "lacquer",dll. adalah istilah kata-kata yang digunakan dalam bahasa aslinya.

Act. 18: Bayangkan hasil warna metalik yang diinginkan. Cobalah macam-macam warna metalik untuk membuat “Hyaku Shiki”.
Berbeda dengan warna biasa(disebut Solid Color), gerlap warna metalik hanya bisa dilihat keren tergantung dari mana dilihatnya. Untuk menghasilkan campuran warna dan gemerlap yang diinginkan, selain menggunakan warna “Gold” atau “Silver” ditambahkan bubuk “Clear Color”, “Metalik” atau “pearl”. Contoh macam-macam pembuatannya yang akan diperlihatkan adalah dengan warna “Gold”. Jika sudah mengerti langkah-langkah pembuatannya, bisa dicoba sendiri dengan warna metalik lainnya.

Cara mengatasi parts “Mekki”
Cara mengatasi parts “Mekki” dibutuhkan perhatian yang lebih banyak dibandingkan dengan parts pramodel lain. Perhatikan langkah-langkahnya sebelum mengecat parts “Mekki”.

Cara memotong gate dan membetulkan bekas potongnya
Supaya bekas potong gate parts “Mekki” tidak terlalu kelihatan diperlukan retouch atau pemotongan dengan memperhatikan letak “gate”.
1. Contoh parts “Mekki” .Sama seperti pramodel lain, semua parts dihubungkan dengan “gate”. Untuk parts “Mekki” yang berwarna hanya bagian luarnya. Jika “gate” dipotong, maka bagian yang berwarna yang terpotong (dalam contoh ini menjadi hitam) warnanya berbeda. Bekas potong terlihat jelas pada waktu parts baru saja dipotong dari gate.


2. Supaya bekas potong tidak terlalu kelihatan, bagian tersebut dicat dengan warna yang mirip dengan warna parts “Mekki”. Gemerlap warna yang dipakai untuk mengecat memang tidak sebanding dengan warna parts “Mekki” tetapi yang penting warnanya sesuai. Dalam contoh ini warna yang dipakai untuk mengecat adalah menambahkan warna dasar kuning ke Mr. Color SM02 Super Gold.

3. Contoh parts yang sambungan gate-nya di bagian dalam(undergate). Alangkah baiknya jika tidak ada bekas gate di bagian luar parts. Karena bagus, parts "Mekki" lebih dipilih dari pada parts-parts biasa.

4. Parts yang sudah dilepaskan. Bagian luarnya tidak ada bekas potong(parts depan). Jika setelah dirakit bagian dalam bekas potongnya masih kelihatan(parts belakang), pada bekas potongnya dicat dengan menggunakan marker dengan warna yang mirip. Cara ini mudah jika warnanya sesuai.

Cara menghapus “Mekki”
Meskipun warna “Mekki” sudah bagus, adakalanya perlu untuk mengecat ulang. Karena sulit untuk mengecat di atas lapisan “Mekki”, maka lapisan “Mekki” harus dihilangkan.

1. Yang dipakai untuk menghapus “Mekki”. Di sebelah kiri adalah Mr. Color Thinner untuk melelehkan clear coat yang melapisi “Mekki”. Yang di sebelah kanan adalah    sejenis chlorine pemutih yang biasanya dipakai di dapur. Cairan ini untuk menghapus lapisan “Mekki”.

2. Parts-parts baru “Mekki” dilapisi dengan clear coat supaya warna mudah melekat dan terjaga. Cobalah mengoles rangka( "runner”) dengan thinner kemudian dilap. Dalam contoh di sini lapisannya adalah clear yellow.

3. Untuk melepaskan clear coat pada parts, rendam parts di dalam wadah yang berisi cairan thinner. Lapisan itu mulai meleleh terlihat warna cairan thinner menjadi kekuning-kuningan. Untuk bagian-bagian yang kecil, lapisan bisa dihilangkan dengan kuas.

4. Di sebelah kiri adalah parts yang masih ada lapisannya. Di sebelah kanan adalah parts yang sudah tidak ada clear coat-nya dan warnanya menjadi silver “Mekki”. Langkah selanjutnya adalah melelehkan lapisan silver “Mekki”. Jika pada awalnya parts berwarna silver “Mekki” maka tidak perlu merendamnya dalam thinner, bisa langsung melakukan langkah selanjutnya.

5. Rendam parts dalam cairan chlorine pemutih. Dalam contoh ini partsnya hanya satu saja. Jika parts yang direndam banyak, bisa direndam di wastafel hanya cairan chlorine pemutihnya dicampur dengan air.
6. Parts tanpa lapisan “Mekki”. Harap diperhatikan jangan menyentuh cairan chlorine pemutih dan parts yang direndam. Setelah lapisan “Mekki”nya terlepas, bilas dengan detergen. Pada keadaan ini parts bisa dicat tetapi lapisan “Mekki”nya belum terlepas semuanya. Untuk itu lanjutkan ke langkah berikutnya.

7. Ulaskan kembali thinner ke parts dengan menggunakan kuas. Dalam beberapa menit lapisan “Mekki” mulai terlepas. Lakukan langkah ini berkali-kali kira-kira 5-10 menit. Jangan ulaskan lapisan thinner pada parts dan membiarkannya.

8. Parts yang sudah terlepas lapisan “Mekki”-nya. Sama seperti parts biasa, sudah bisa dilem atau diwarnai. Parts yang sudah terlepas “Mekki”-nya warnanya putih susu, tetapi kebanyakan warnanya hitam.

Langkah-langkah memotong “Undergate”
Berbeda dengan parts-parts biasa, cara memotong undergate parts “Mekki” lebih banyak langkahnya.
Pada langkah kedua, hati-hati jangan sampai mengikis bagian depan cat “Mekki”. Pada langkah ketiga potong sisa gate. Bagian ini harus dihaluskan supaya pada waktu digabungkan dengan parts lain tidak membentuk lubang.
 











Tidak ada komentar:

Posting Komentar