Selasa, 23 November 2010

Penggunaan Warna "Pearl" Untuk Menghasilkan Warna Metalik

Cat yang menghasilkan sinar seperti "Pearl". Penggunaan warna yang tepat(memanfaatkan pemantulan sinar) dapat menghasilkan warna mengkilap yang mengagumkan. Mari kita coba menggunakan keunikan cat "Pearl" ini untuk menghasilkan warna keemasan.
1. Cat ini ada dua jenis yaitu dalam bentuk larutan dan bubuk. Sebelum dipakai cat dalam bentuk bubuk dicampur dengan cat clear. Cat ini dijual dalam berbagai warna. Di sebelah kiri adalah larutan cat Yellow Pearl sedangkan di sebelah kanan dalam bentuk bubuk  Red Pearl.

2. Parts yang telah dicat dengan cat "Pearl". Masing-masing dibagi menjadi dua bagian, putih dan hitam(lihat warna di bawah masing-masing parts). Di sebelah kiri dilapisi dengan cat silver pearl, di tengah dilapisi cat yellow gold pearl dan di sebelah kanan dilapisi cat blue pearl. Karena bagian parts yang dicat warna dasar putih memantulkan banyak sinar, maka pigmen pearl tidak terlalu kelihatan sehingga warna terlihat tipis. Bagian parts yang dicat warna dasar hitam hanya memantulkan sedikit sinar sehingga pigmen-pigmen pearl terlihat jelas.

Proses Pembuatan Warna Pada Cat "Pearl"

Contoh diagram warna dasar putih dilapisi cat pearl Gold. Ada sinar yang dipantulkan oleh pigmen warna pearl ada juga tidak. Karena warna dasar putih memantulkan sinar dengan kuat, maka efek pemantulan sinar yang mengenai pigmen pearl terlihat hanya sedikit.

2. Contoh pemantulan dengan warna dasar hitam. Sinar yang diteruskan dan mengenai warna dasar hitam diserap sehingga sinar dipantulkan oleh pigmen warna pearl terlihat lebih mencolok. Oleh karena itu kilap warna terlihat lebih jelas. Dengan memanfaatkan karakteristik ini akan diperlihatkan cara pengecatan warna metalik.

Penggunaan Mr. Crystal Color Topaz Gold
3. Cat metalik yang akan dipakai adalah sejenis cat pearl Yellow(Gold). Kemudian akan dipakai pula produksi terbaru Mr. Crystal Color XC02 warna Topaz Gold.  

 4. Bentuk sebenarnya cat Topaz Gold. Warnanya terlihat putih susu dan di dalamnya terlihat kilapan warna pigmen kuning. Karena cat ini pekat, maka ditambahkan cairan Mr. Lebering secukupnya.

5. Proses pengecatan. Warna dasar yang disemprotkan adalah cat warna hitam yang berkilap. Cat yang digunakan adalah Mr. Color GX Uino Black. Keringkan cat kemudian lanjutkan ke langkah berikutnya.

6. Selanjutnya cat dengan warna Topaz Gold. Parts langsung berwarna metalik. Perlu diperhatikan jika menyemprot cat terlalu kuat, partikel-partikel cat di permukaan parts akan mengalir. Semprotkan cat dengan perlahan dan lembut.

7. Parts yang telah dicat dengan cat Topaz Gold. Pada tahap ini permukaan parts tidak berkilap dan tidak glossy. Supaya permukaan parts terlihat mulus dan berkilap maka parts harus dicat dengan clear.

8. Parts yang telah dicat dengan clear. Warna terlihat lebih bersinar. Warnanya seperti warna Gold.

Jika Terlalu Banyak Melapisi Parts Dengan Cat Warna Pearl
Perlu diperhatikan, bila terlalu banyak melapisi parts dengan cat warna Pearl maka akan timbul retakan. Karena sulit untuk memperbaiki hanya di bagian retakan saja, maka satu-satunya jalan adalah menghapus semua cat dan melakukan pengecatan ulang dari awal.

Pemakaian Cat Topaz Gold dan Warna Dasar


1. Lihat perubahan warna cat pada contoh di atas. Pigmen warna pearl-nya tidak terlalu mencolok karena warna catnya kental. Tambahkan warna dasar yellow untuk mempertajam pigmen-pigmen warna. Cara pencampuran cat sama dengan pencampuran warna Gold.

2. Parts yang telah dicat dengan campuran cat Topaz Gold dengan warna dasar Yellow. Warna keemasannya jelas terlihat. Pemantulan warna tidak seimbang karena pemantulan warna yang sama kuatnya pada pigmen warna pearl sebelum dan sesudah pengecatan. Oleh karena itu lapisi dengan cat clear color yang mirip dengan warnanya. Meskipun pantulan sinar warna pearlnya sedikit berkurang, tetap masih memantulkan warna keemasan. Warna keemasannya terlihat lebih lembut.

3. Gambar di atas adalah contoh campuran warna pearl yang telah ditambahkan lapisan penambah kilau warna. Di sebelah kiri adalah cat warna Gold, di sebelah kanan adalah cat warna merah dan yang di tengah adalah campuran warna keduanya. Meskipun warnanya berbeda dan terlihat mendekati warna putih, menghasilkan salah satu warna yang berbeda dengan menggunakan cat warna pearl.

Apakah Mengecat Parts Dengan Warna Pearl Dapat Menghaluskan Warna?
Di sebelah kiri adalah cat yang telah dicat dengan warna hitam dan diamplas dengan amplas No.800. Jika parts dicat dengan cat pearl, seperti terlihat pada parts di sebelah kanan, goresan-goresan hilang. Karena sinar yang dipantulkan oleh warna dasar hitam sedikit, yang dipantulkan adalah pigmen warna pearl.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar