Selasa, 23 November 2010

Mengecat Warna Dasar Gold

Pertama-tama cara mengecat yang paling mudah adalah mengecat warna dasar. Untuk menampilkan warna emas dipakai cat emas berpartikel. Gerlap pigmen partikel-partikelnya menghasilkan nuansa yang berbeda.

Penggunaan Cat Mr. Color Gold

1. Cat Mr. Color Gold No.9. Cat Gold standard yang harganya terjangkau. Cara menggunakannya sama dengan cat Mr. Color biasa. Karena pigmen-pigmen emas mengendap di dalam larutan jernih di dalam botol, maka larutan harus diaduk dengan baik sebelum memakainya.
2. Cat di dalam wadah. Larutan cat memperlihatkan partikel-partikel berwarna emas. Terlihat partikel kecil-kecil berjajar di dalam larutan. Cairkan larutan cat tersebut dengan larutan Mr. Color pengencer atau Mr. Lebering pengencer dengan perbandingan 2:3 sebelum mengecat menggunakan air brush.

3. Contoh parts yang telah dicat. Catnya berwarna emas standar. Terlihat kesan partikel emasnya tetapi tidak terlalu menonjol. Ini adalah contoh standar. Karena sudah tahu pengecatan dasar, maka untuk lebih mengerti mengenai gerlap warna, di atas dasar warna hitam dicat lagi dengan warna-warna lain.

Hal penting yang harus diperhatikan pada waktu pengecatan warna metalik:
1. Partikel-partikel warna emas di dalam botol mudah mengendap. Sebelum pemakaian aduk dengan baik. Pada waktu mengecat dengan air brush juga, sering-seringlah mengaduk larutan cat.
2. Kasar atau tidaknya permukaan parts yang telah dicat tampak pada cairan cat pada waktu pengecatan dengan air brush. Contoh di sebelah kiri adalah contoh yang benar sedangkan contoh yang di sebelah kanan contoh permukaan yang kasar. Karena itu, maka pada parts yang permukaan catnya kasar, gerlap warna tidak terlihat dengan baik. Bayangannya pun sedikit berubah.

Penggunaan Cat Mr. Color Super Gold
1. SM02 Mr. Color Super Metalik. Berbeda dengan warna cat Mr. Color yang lain, warna ini termasuk ke dalam serial warna dengan partikel-partikel emas yang unik. Isinya 18 ml, botolnya lebih besar dan ada kotaknya.
2. Di bagian tengah cat tidak terlihat partikel-partikel emasnya tetapi lebih seperti larutan kental, warna dasarnya abu-abu dan terlihat seperti tercampur dengan pigmen warna orange.

3. Contoh parts yang telah dicat. Bila dibandingkan dengan parts yang dicat dengan cat warna Gold No.9, terlihat hasilnya lebih halus. Warna terlihat glossy, ada sedikit highlight, membuat kualitas warna lebih baik. Warna tidak terlihat seperti warna emas tetapi lebih terlihat keperak-perakan.

Penggunaan Cat Mr. Metal Color Gold
1. Mr. Metal Color MC218 Gold. Mr. Metal Color adalah cat khusus yang akan terlihat warna emasnya setelah dikeringkan kemudian digosok. Cara pengecatannya sama dengan Mr. Color lainnya.
2.  Parts yang sudah dicat dengan metal color menggunakan air brush. Pada tahap ini tidak berkilap. Partikel cat tidak terlalu terlihat, tidak ada bedanya dengan warna cat biasa.
3.  Keringkan parts yang dicat selama kurang lebih 5 menit. Kemudian gosok dengan kain halus atau tissue. Lama kelamaan terlihat sedikit mengkilap, timbul lapisan emas tipis pada permukaannya. Semakin digosok cat makin kuat menempel.
4. Harus diperhatikan, jika terlalu banyak digosok, di bagian pinggir atau di bagian yang paling sering digosok lapisan catnya terhapus, warna parts jadi kelihatan. Supaya tidak terlalu kelihatan bekasnya, sebelum parts dicat dengan cat ini, cat dengan warna gold biasa. Parts yang telah dicat kilapnya dapat hilang jika disentuh. Semprotkan water-base clear untuk melindunginya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar