Selasa, 23 November 2010

Pengecatan Berlapis Warna Silver dengan Clear Color

Mengecat parts dengan dasar warna silver sebagai pemantul, kemudian melapisinya dengan clear color. Hasil warnanya berbeda dengan warna dasar emas, menghasilkan warna lembut. Cara pengecatan ini sering dipakai dalam mengecat model dengan warna metalik.

Warna Super Silver dengan Warna Kuning


Warna dasar yang dipakai adalah Mr. Color  SM01 Super Silver. Mr. Color Clear Yellow No. 48 sebagai warna lapisannya.
2. Gambar lapisan cat. Prinsipnya sama dengan pemantulan pada cermin yang dilapisi plastik transparan berwarna. Warna silver sebagai warna dasar berfungsi untuk mengontrol sinar yang dipantulkan. Warna kuning di atasnya menentukan warna yang ingin ditampilkan. Jika lapisan dasarnya tebal, maka warna yang ditampilkan pun menjadi gelap.

Mempelajari Goresan Pada Permukaan Dasar
Contoh goresan yang dibuat dengan amplas No. 800 pada pramodel yang telah dicat. Di sebelah kiri goresan tampak jelas karena pantulan sinar. Goresan ini adalah goresan pada permukaan pramodel setelah dicat, digosok berapa kalipun tidak akan hilang. Di sebelah kanan adalah plat yang goresannya telah disemprot dengan "surfacer"(1200) kemudian dicat. Supaya warna silver menjadi lebih lembut penting untuk mengerti kondisi lapisan dasar.
("Safu" adalah kependekan dari kata "Surfacer" dalam bahasa Jepang.)


3. Parts yang telah dicat dengan cat SM01 Mr. Color Super Silver. Warna silvernya tidak mencolok. Cat dengan clear color setelah benar-benar kering.

4. Parts yang telah dicat dengan warna Clear Yellow. Warnanya menjadi emas kehijau-hijauan. Warnanya menjadi glossy setelah ditambahkan cat clear color. Jika ingin mengubah warna cat dengan lapisan cat clear color.

5. Contoh parts yang dicat dengan Mr. Color No.49 Clear Orange. Warnanya menjadi warna tembaga. Warna ini merupakan warna emas campuran warna clear yellow dengan clear orange.

Hasil Warna Lapisan Clear Color

Semakin banyak lapisan clear color, warna menjadi semakin gelap dan lapisan cat pun menjadi semakin tebal. Dengan menggunakan bahan cat yang sama, dari sebelah kiri lapisan cat tipis dan semakin ke kanan lapisan catnya makin tebal karena dicat berlapis. Hati-hati dalam mengecat parts dalam jumlah banyak.

5 komentar:

  1. Apakah gliter biasa bisa di campur sama cat duco ya,,,
    Terimakasih

    BalasHapus
  2. Masukkan komentar Anda...untuk membuat warna emas kehijauan tsb,cat silver diaduk sama cat kuning kah mas bro!?
    atau cat silver ke benda tsb, terus ditindih k
    dengan warna kuning!?monggo di jawab..sle saya mau tampilan cat warna emas kehijauan tsb..trima kasih..

    BalasHapus
  3. Alkhamdulillah sgt membntu skali

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. kalau mau membuat warna cat deco kompresor untuk mendapatkan warna silver metalice bagaimana gan . . . .

    BalasHapus